Thursday 25 June 2015

Cara Dalam Pembuatan Sitemap Blogger

Sitemap, dapat dikatakan sebagai bagian yang wajib ada pada page blog kita, kenapa demikian..???karna sitemap itu juga sebagai bagian dari daftar isi yang memiliki fungsi sebagai seo blog. Selain itu sitemap juga berfungsi sebagai salah satu syarat page yang nantinya blog kita daftarkan ke dalam google adsense.

Pada Blogspot/Blogger pastinya terdapat sebuah feed yang dapat kita digunakan sebagai pembuatan sitemap atau bisa juga disebut sebagai daftar isi. Lantas bagai mana cara dalam membuat sebuah sitemap blogspot? Cara membuat page sitemap atau daftar isi itu saya rasa sangat mudah  sekali dibuatnya,  karna dalam pembuatan sitemap anda hanya perlu sedikit menaruh kode javascript ke halaman blogspot anda (page). Selain itu anda juga dapat menaruh sitemap kedalam postingan yang biasanya kita gunakan sebagai tempat posting suatu artikel.

Dalam pembuatan sitemap ini tentunya kita tidak akan terlepas denganfeed atau RSS dari blogspot, dengan adanya feed atau RSS dari blog yang bersangkutan kita dapat memanfaatkanya dalam pembuatan sitemap.

Lantas apa tujuan dari pembuatan sitemap ini???

Dalam pembuatan sitemap atau sering disebut dengan daftar isi secara otomatis pada artikel sebuah blog ini tentunya ditujukan untuk mempermudah pengunjung blog kita dalam mencari artikel yang mereka butuhkan, jadi tujuan utama dalam pembuatan sitemap bukan untuk robot Google. Nah sedangkan Platform blog yang saya maksud di sini merupakan Blogger bukan Wordpress ya..., Tumblr, dan platform blog yang lainnya. Blogger milik google ini memberikan fasilitas yang kita butuhkan untuk pembuat sitemap dengan begitu mudah dan secara otomatis.

Berikut ini adalah Cara Dalam Pembuatan Sitemap Blogger

1. Anda masuk saja ke akun blogger yang anda miliki
2. Anda Pilih menu 'Laman'
3. Anda klik Laman Baru yang berada pada bagian atas kiri maka akan muncul halaman baru.
4. Pilih daja mode 'HTML' (jangan mode biasa)
5. Anda beri judul Sitemap (disini judul terserah dari anda)
6. Anda masukkan saja kode di bawah ini :

        <script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://blogersanto.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> 

Dari kode diatas anda perlu mengganti "http://blogersanto.blogspot.com" dengan nama dari blog anda.

7. Anda tinggal klik publikasikan

Diatas adala cara pembuatan sitemap blog yang full halaman (tanpa scroll)

Selanjutnya blogersanto.blogspot.com akan memberikan cara pembuatan sitemap yang menggunakan scroll agar nantinya dapat kelihatan user friendly.

Berikut adala cara pembuatan Sitemap yang ada scroll nya.

Jika anda menginginkan sebuah sitemap yang ber-scroll di samping kanan (seperti gambar berikut ini), anda dapat meletakkan koding seperti di bawah ini sebagai ganti dari langkah no 6 diatas :
    <div style="background-color: #dde1e3; border: 1px solid #999999; height: 110px; overflow: auto; padding: 12px; width: 100%px;">
    <script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://blogersanto.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
    </div>
cara mudah membuat sitemap blog oleh blogersanto

Berikut ini adalah keterangan dari koding diatas :
Angka '110' yang terdapat pada 'height' dapat anda rubah sesuai dengan keinginan anda agar nantinya dapat sesui dengan blog yang anda miliki. Selanjutnya anda tidak boleh lupa dalam mengganti kode 'http://blogersanto.blogspot.com' yang terdapat pada koding di atas dengan alamat atau urs blog milik anda.

Blogersanto mengucapkan TERIMA KASIH karena anda telah berkunjung di blog milik saya ini, dengan judul artikel tentang "Cara Mudah Membuat Sitemap / Daftar Isi Otomatis - Blogger".

Apabila anda mengalami kesulitan atau kurang paham anda dapat menanyakanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

No comments:

Post a Comment