Monday 29 June 2015

Cara Membuat Opor Ayam Beserta Resepnya

Pada saat lebaran tentunya kita tidak dapat terlepas dari yang namanya opor ayam, oleh karena itu merupakan salah satu makanan khas pada saat perayaan hari lebaran idul fitri. Akan tetapi tidak hanya itu saja, sebab opor ayam juga kadang kala digunakan sebagai menu hidangan pada saat acara keluarga, baik itu acara keluarga formal maupun acara keluarga non formal, Maka dari itu sangat tepat sekali apabila anda mencoba menu opor ayam pada saat acara tersebut.

Opor ayam merupakan kuliner khas indonesia yang menggunakan bahan dasar ayam, dimana proses pemasakanya ini dengan menggunakan beraneka macam rempah-rempah indonesia dan santan kelapa kental yg dihasilkan dari kelapa pilihan, dimana dalam penyajian opor ayam ini biasanya disajikan dengan menggunakan lontong atau ketupat.

Resep opor ayam tergolong sederhana, akan tetapi dalam proses pembuatan opor ayam ini memerlukan waktu yg lumayan lama. Pada saat memasak agar kita dapat menghasilkan rasa serta kwalitas yang lezat apabila kita memasak opor ayam dengan waktu yang cukup lama, berbeda dengan resep dan cara membuat soto ayam diamana proses pembuatanya tidak memakan waktu lama, serta walaupun pembuatanya tidak lama, soto ayam yang di buat ini tetap lezat.

Langsung saja saya bagikan kepada anda semuanya secara gratis resep dan cara membuat opor ayam yang lezat dan nikmat.



Bahan-bahan untuk pembuatan opor ayam :

    1 ekor ayam (usahakan ayam kampong) dipotong-potong menjadi beberapa bagian sesuaikan dengan  selera anda
    2 cm lengkuas
    2 batang sereh
    3 lembar daun salam
    1 cm jahe (memarkan)
    Minyak goreng secukupnya
    1 liter santan kelapa
    Gula pasir putih dan garam secukupnya

Bumbu opor ayam :

    6 butir bawang merah segar
    4 siung bawang putih segar
    1 sendok teh ketumbar
    ¼ butir pala
    1 sendok teh merica butiran
    4 butir kemiri
    2 cm kunyit

Pertama anda haluskan semua bumbu di atas samapai halus, terserah mau anda haluskan pakai alat apa saja yang terpenting disini adalah sampai benar – benar halus.


Panaskan minyak goring kedalam wajan yang sudah disiapkan, Selanjudnya masuk kan juga bumbu-bumbu yang sudah anda haluskan sebelumnya tadi lalu tumis, tambahkan daun salam, jahe, lengkuas dan serai, Lakukan pengadukan sampa tercium aroma harum.

Masukkan dading ayam yang sudah sidiapkan sebelumnya, Selanjudnya masak serta aduk dengan pelan-pelan samapai daging ayam tersebut berubah warnanya, kemudian anda masukkan santan, garam dan gula pasir yang sudah di takar sebelumnya.

Masak sampai daging ayam benar benar matang dan empuk.

Sampai disini opor ayam yang kita buat sudah siap untuk dimakan bersama keluarga atu sahabat anda.
Seperti itulah resep dan cara membuat opor ayam lezat dan nikmat yang dapat praktekan membuatnya dirumah. Perlu saya ingatkan jangan menggunakan ayam kampong milik tetangga tanpa ijin mengambilnya hehehe, Masalahnya nanti kasian tetangga kamu karna nyari ayam nya yang mau di buat opor ayam juga. Selain itu kan nantinya tidak berkah bagi kita.

Dengan berkembanya dunia teknologi internet, seringkali orang melakukan penggalian informasi mengenai resep dan cara dalam pembuatanopor ayam, selain itu mereka juga sering kali mencari informasi tentang resep dan cara membuat kue nastar keju, Resep Dan Cara Membuat Kue Kacang Bulan sabit.

No comments:

Post a Comment